Kenali Berbagai Industri Game Mendunia 2021

Industri game menjadi salah satu bisnis yang paling kompetitif. Microsoft dan Sony pun mendapatkan laba yang cukup besar dari pembuatan perangkat komputer dan laba lainnya didapatkan dari penjualan video game. Industri game mendunia masa kini mempertahankan kualitasnya guna mengembangkan perusahaan yang dimilikinya.

Untuk beberapa perusahaan game lainnya hanya mendapatkan laba dari penjualan video game yang dimilikinya. Dengan begitu menunjukkan bahwa industri game mampu memberi banyak keuntungan bagi perusahaan. Maka tak heran jika saat ini semakin banyak bermunculan perusahaan game.

Besarnya Keuntungan Perusahaan Game

Menurut Forbes, pada tahun 2018 hampir seluruh industri game di dunia mampu menghasilkan lebih dari 40 milliar dollar. Lima perusahaan game paling atas mampu menghasilkan sebagian besar dari keuntungan tersebut. Keuntungan yang didapatkan dari perusahaan game memang tidak main – main jumlahnya. Hal tersebut membuat beberapa perusahaan game memulai untuk memperbaiki dan mempertahankan kualitas perusahaan.

Daftar Industri Game Mendunia

  1. Tencent Games

Tencent Games merupakan salah satu divisi dari Tencent Holdings yang merupakan perusahaan holding Cina dengan beberapa kepentingan bisnis, salah satu diantaranya adalah game online. Sejak awal berdiri, perusahaan game ini berfokus pada media sosial dan game online guna memenuhi berbagai minat pasar komunikasi seluler di China yang terus berkembang. Hingga pada saat ini Tencent Games terus berfokus pada game online dan mobile serta telah memiliki platform streaming sendiri.

  1. Xbox Game

Merupakan perusahaan game yang dikembangkan oleh Bill Gates dengan divisi game in-house yang menerbitkan dan memproduksi game bersistem operasi MS-DOS. Xbox menerbitkan dan mengembangkan game untuk PC pada konsol, juga menerbitkan game mobile dan browser web. Hal tersebut juga mengakui sisi pengembang serta penerbit Minecraft.

  1. Nitendo Company

Nintendo telah memasuki industri game konsol pada tahun 1970 an saat mendistribusikan konsol Odyssey di Jepang. Pada tahun 1981 game ini merilis Donkey Game dan melahirkan game berkharakter Mario. Nintendo lebih dikenal karena perangkat gim dan konsol. Pada tahun 1977 perusahaan ini memproduksi konsol sebelum meluncurkan sistem Famicom, Game Boy dan NES.

  1. King

Pada awalnya king mulai mengembangkan sebuah game yang dapat dimainkan oleh pengguna secara langsung melalui web mereka, dengan tujuan menghilangkan kebutuhan untuk mengunduh atau menginstall perangkat lunak. Namun model tersebut tidak terbukti berhasil dan menemukan kesuksesan menggunakan platform media sosial sosial seperti facebook. Hal tersebut membuat perusahaan King terus bertumbuh dan berkembang.

  1. Ubisoft

Ubisoft mengawali perusahaan sebagai bisnis perangkat lunak dan perangkat keras milik keluarga yang dijalankan di Paris. Ubisoft mengembangkan beberapa judul game yang sukses di Eropa namun diterjemahkan dengan baik di luar negeri yang akhirnya perusahaan tersebut membeli hak untuk mendistribusikan beberapa judul lain.

  1. Gung Ho Online

Perusahaan game Gu Ho Online mampu membangun kekayaan di pasar game online. Ia mulai mengembangkan situs lelang online dari perusahaan telepon seluler Jepang sotfbank. Pada tahun 2000, perusahaan game ini beralih menjadi layanan game online, server hosting di negara Jepang untuk MMOG dan pada tahun 2013 mampu merilis game mobile yang dikembangkan sendiri.

Itulah perusahaan – perusahaan game terbaik yang ada di dunia dengan keuntungan besar setiap tahunnya. Beberapa industri game mendunia inilah perusahaan dibalik game –game yang anda mainkan bersama dengan teman – teman gamers anda. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *